SKRIPSI : PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENGUKUR KUALITAS JASA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI SURAKARTA
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Salah satu alternatif untuk mengelola perusahaan agar dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan efisiensi adalah dengan memajukan kualitas perusahaanya. Penerapan manajemen kualitas perusahaan telah menjadi kebutuhan pokok apabila perusahaan ingin berkompetisi dalam pasar global maupun pasar domestik. Collier dalam Gaspersz, (2002 : 3) mendefinisikan manajemen kualitas sebagai suatu studi tentang bagaimana bagian pemasaran dan operasional secara bersama melalui teknologi dan orang-orang, mampu merencanakan, menciptakan dan menyerahkan suatu paket yang bermanfaat bagi pelanggan dan kaitannya dengan pelayanan mereka. Berdasarkan definisi di atas, manajemen kualitas dapat diterapkan baik pada barang maupun jasa, karena yang ditekankan dalam penerapan manajemen kualitas adalah perbaikan sistem kualitas, bukan sekedar perbaikan kualitas barang dan atau jasa. Pada perusahaan jasa, kualitas jasa merupakan faktor utama dalam mencapa...