photo KoleksiSkripsiHeader.gif HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengendalian mutu bahan baku dan bahan pembantu, proses pengolahan serta produk akhir di UD. Bintang Walet 1

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Berkembangnya ilmu dan teknologi saat ini turut mendukung manusia dalam memasuki era globalisasi dengan berbagai teknologi. Sebuah konsekuensi logis dari penerapan teknologi yang unggul adalah terciptanya kemajuan suatu bidang atau usaha yang memanfaatkan aplikasi teknologi yang berdaya guna dengan tepat guna dengan kebutuhan. Kemajuan teknologi sebagai implikasi dari ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesatnya sehingga memberi dampak yang sangat besar pula bagi perkembangan berbagai produk atau jasa akibat dari perluasan pasar. Namun seiring dengan perkembangan produk atau jasa tersebut juga akan memperketat persaingan. Perusahaan dapat mengantisipasinya dengan cara menghasilkan produk yang memiliki harga saing, kualitas yang tinggi dan efisiensi biaya produksi yang tinggi.
UD. Bintang Walet adalah perusahaan yang memproduksi makan ringan yang berbahan baku kacang tanah. Produk-produk tersebut antara lain kacang telur, kacang atom dan kacang bandung. Kacang tanah merupakan komoditas pertanian yang sangat terkenal dan digemari oleh konsumen. Selain itu kacang tanah mudah diperoleh karena ketersediaannya yang melimpah dan harganya dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Pengendalian terhadap mutu produk menjadi faktor yang sangat penting, karena dengan mutu yang baik dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan.
Kegiatan Magang dapat membantu mahasiswa dalam memahami aspek pengendalian mutu sebagai bahan penting dari keseluruhan kegiatan, dimana pada kesempatan ini topik kajian yang diambil adalah di Perusahaan UD. Bintang Walet yang beralamatkan di Jl. Candisari No. 02 Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah.

I.2 Tujuan
1. Umum
Menerapkan ilmu dan teori-teori selama mengikuti pendidikan dalam aplikasi secara praktek guna membantu mendukung kemampuan beraktualisasi dalam penerapan ilmu.
2. Khusus
a. Mengetahui dan memahami pengendalian mutu bahan baku yang dipersyaratan untuk mendapatkan kacang atom, kacang telur dan kacang bandung yang berkualitas.
b. Mengetahui dan memahami pengendalian mutu proses produksi untuk mendapatkan kacang atom, kacang telur dan kacang bandung yang berkualitas.
c. Mengetahui dan memahami penanganan akhir termasuk pengemasan produk di UD. Bintang Walet

1 komentar: