photo KoleksiSkripsiHeader.gif HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

ANALISIS KERJA MESIN HIDROLIK PENCETAK PAVING DENGAN SISTEM HAND CONTROL HIDROLIK PADA WAKTU YANG DIBUTUHKAN LANGKAH NAIK DAN TURUN SILINDER HIDROLIK

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Hidrolika merupakan sebuah cabang dari ilmu perihal yang meneliti arus zat cair melalui pipa-pipa dan pembuluh-pembuluh tertutup, maupun dalam kanal-kanal terbuka dan sungai-sungai. Kata hidrrolik berasal dari kata “hudor” (bahasa Yunani), yang berarti air. Didalam teknik hidrolika berarti: penggerakanpenggerakan, pengaturan-pengaturan dan pengendalian-pengendalian, dimana berbagai gaya dan gerakan kita peroleh dengan bantuan tekanan suatu zat cair (air, minyak atau gliserin).

Dewasa ini sistem hidrolik banyak digunakan dalam berbagai macam industri makanan, industri minuman, industri permesinan, industri otomotif, hingga industri pembuatan robot. Sehingga pengetahuan tentang komponen dari sistem hidrolik sangat penting dalam semua cabang industrial.

Untuk meningkatkan efektifitas dan produktivitas maka sekarang ini sistem hidrolik banyak dikombinasikan dengan sistem lain seperti : sistem elektrik/elektronik, pneumatik, mekanik dan sebagainya sehingga akan didapat unjuk kerja dari sistem hidrolik yang lebih optimal.

Tugas Akhir/Proyek Akhir ini dimaksudkan untuk memberikan suatu
fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam
mempraktekkan dan mengamati secara langsung tentang fenomena pada sistem
hidrolik pada mata kuliah Pneumatik dan Hidrolik.

Dalam sistem hidrolik kita harus dapat mengetahui bagaimana suatu kinerja/cara kerja suatu alat. Pada Tugas Akhir ini penulis tertarik untuk mengamati cara kerja mesin pencetak paving tersebut. Pengamatan yang penulis pilih adalah : Analisis Kerja Mesin Hidrolik Pencetak Paving Dengan Sistem Hand Control Hidrolic Pada Waktu Yang Dibutuhkan Langkah Naik Dan Turun Silinder Hidrolik.

B. Alasan Pemilihan Judul
Tugas akhir ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi positif sebagai penyediaan alat peraga dilaboratorium pneumatik dan hidrolik, khususnya pada alat peraga yang menggunakan mekanisme sistem hidrolik (hidrolic stand) dan untuk menyajikan aplikasi dari mata kuliah pneumatik dan hidrolik yang telah disampaikan.

Secara pribadi penulis ingin mengetahui/mendalami lebih jauh tentang sistem dan komponen-komponen hidrolik dari sistem hirolik khususnya pada komponen yang terdapat pada alat peraga yang kami buat yaitu mesin hidrolik pencetak paving yang meggunakan hand kontrol hidrolik. Sehingga penulis dapat menerapakan ilmu yang tealah diperoleh dari bangku kuliah khususnya mata kuliah pneumatik dan hidrolik.

C. Perumusan Masalah
Pokok-pokok permasalahan dalam merencanakan pembuatan alat peraga
hidrolik ini dapat dirumuskan anatara lain sebagai berikut:
1. Bagaimana sistem hidrolik dapat diterapkan dalam alat pencetak paving.
2. Bagaimana cara kerja mesin hidrolik pencetak paving dengan sistem hand control hidrolic
3. Bagaimana waktu yang dibutuhkan dalam langkah turun (maju) dan naik (mundur).

D. Pembatasan Masalah
Agar pembatasan masalah tidak melebar, lebih tertuju dan terkonsentrasi pada permasalahan yang akan dibahas yaitu:
1. Objek penelitian adalah alat peraga sistem hidrolik yang dioperasikan secara manual (menggunakan hand control hidrolic)
2. Model peraga yang dianalisis menekanakan pada cara keja dari mesin hidrolik yang pengoperasiannya menggunakan hand control dan tidak menekanakan konstruksi model dari mesin terebut.
3. Dalam pembuatan mesin hidrolik pencetak paving yang kami buat kelengkapan unit pompa hidrolik (power pack) tidak kami buat karena keterbatasan dari dana untuk pembuatan mesin hidrolik yang cukup mahal.
4. Analisis kerja dari mesin hidrolik tersebut sesuai dengan arah gerakan silinder hidrolik penggerak ganda dengan arah vertikal pada gerakan turun dan naik.

E. Tujuan
Tujuan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Menerapkan ilmu perkuliahan pneumatic dan hidrolik yang diperoleh dari bangaku perkuliahan dan mengembangkanya.
2. Merencanakan dan membuat alat peraga hidrolik di laboratorium pneumatic dan hidrolik sehingga dapat digunakan untuk sarana praktikum.
3. Untuk melatih dan menuangkan kreativitas dalam berfikir serta memberikan masukan poitif kepada pembaca tentang ilmu hudrolik.
4. Untuk menganalisis bagaimana cara kerja sistem hidrolik yang terdapat
pada alat pencetak paving dengan kontrol hidrolik.

F. Metode Pengambilan Data
Data-data yang penulis ambil meliputi:
1. Studi Pustaka
Sebagai acuan atau landasan teori yang berhubungan dengan pembahasan Tugas Akhir, maka diperlukan literatur atau buku-buku yang menunjang sehingga halhal yang diungkapkan dalam Tugas Akhir ini mempunyai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.
2. Observasi
Penulis melakukan penelitian terhadap alat peraga untuk mengambil data-data yang diperlukan sehingga dapat menganalisis sistem tesebut.

G. Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi tentang bagaimana cara kerja sistem hidrolik mesin pencetak paving dengan kontrol hidrolik.
2. Bagi pembaca, dapat dijadikan sebagai masukan positif bagi yang ingin mempelajari dan mengembangkan sistem hidrolik lebih jauh.

Tidak ada komentar: