photo KoleksiSkripsiHeader.gif HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

OPTIMALISASI EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT MELALUI PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL (SKA) PERIODE TAHUN 2008 (Studi K

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang cepat dan dinamis mendorong terjadinya globalisasi dunia. Globalisasi membawa perubahan terhadap tatanan kerjasama dan persaingan bisnis serta peranan pemerintah diberbagai penjuru dunia. Selain itu kegiatan ekonomi, perdagangan, dan investasi menjadi begitu transparan dan mudah melewati batas geografis suatu negara. Perusahaan dan orang mancanegara banyak melakukan perdagangan internasional atau yang sering disebut perdagangan ekspor impor yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam harga (faktor penawaran) serta pendapatan dan selera ( faktor permintaan) antar Negara, selain itu juga suatu negara sulit untuk dapat memenuhi sendiri seluruh kebutuhannya tanpa kerja sama dengan negara
lain dan adanya keterbatasan suatu negara untuk menghasilkan atau memproduksi
suatu barang dan jasa.
Perdagangan Internasional mempunyai nilai ekonomi yang penting, yang sangat bermanfaat dan baik bagi perkembangan industry itu sendiri, bagi masyarakat dan bagi pemerintah, yaitu diperoleh barang yang harganya lebih murah dan kemungkinan dapat menjual keluar negeri dengan harganya lebih mahal sehingga keuntungan yang diperoleh perusaan mengalami peningkatan, bagi masyarakat sendiri dapat mengurangi tingkat pengguran karena produktivitas dan lapangan kerja dan bagi Pemerintah dapat menambah cadangan devisa Negara. Dalam menghadapi globalisasi dunia dan menyongsong era pasar bebas, pemerintah berusaha memberikan sejumlah kemudahan dalam hal pemberian fasilitas yang terkait dengan kegiatan perdagangan dan industri. Diharapkan
nantinya produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk dari luar negeri sehingga nilai ekspor Indonesia dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Maka diharapkan pemerintah dapat lebih aktif lagi meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan Ekspor Impor.
Salah satu Instansi atau badan Pemerintah yang ikut berperan dalam memperlancar kegiatan Ekspor Impor adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) yang bertugas untuk mengeluarkan atau menerbitkan SKA (Surat Keterangan Asal) atau COO (Certficate Of Origin) dengan memenuhi persyaratan – persyaratan yang telah ditetapkan. Surat Keterangan Asal merupakan salah satu dokumen penyerta Ekspor yang diterbitkan dalam rangka untuk dapat menikmati fasilitas penurunan tarif yang diberikan oleh negara–negara maju kepada negara–negara berkembang.
Berdasarkan uraian tersebut, hal yang ingin diketahui adalah, bagaimana perkembangan volume ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika selama kurun waktu satu tahun , kendala apa saja yang muncul dalam perkembangan volume ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika, upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk meningkatkan perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Surakarta dan penilaian terhadap upaya yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Adapun penelitian tersebut mengambil judul “OPTIMALISASI EKSPOR TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT MELALUI PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL (SKA) PERIODE TAHUN 2008” (Studi Kasus Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta).
B. Perumusan Masalah
Dengan bertitik tolak pada permasalahan tersebut diatas dan untuk menambah pemahaman permasalahan maka perlu diadakan perumusan masalah sehingga penelitian ini bisa memfokuskan diri pada setiap permasalahan yang akan dibahas.
Adapun perumusan masalah tersebut adalah:
1. Jenis SKA apa yang digunakan sebagai dokumen yang dikeluarkan untuk dokumen ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika Serikat ?
2. Bagaimana perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) Kota Surakarta ke Amerika Serikat selama periode tahun 2008 ?
3. Kendala apa saja yang muncul dalam perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) ke Amerika Serikat ?
4. Upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk meningkatkan perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) ?
C. Tujuan Penelitian
Dalam mengadakan suatu penelitian maka tujuan yang ditetapkan haruslah jelas sehingga dapat memberikan manfaat dari hasil penelitian yang didapat. Adapun yang menjadi tujuan dari penulis untuk mengadakan penelitian yang disajikan dalam bentuk Tugas Akhir sebagai karya ilmiah adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui jenis SKA apa yang digunakan sebagai dokumen yang dikeluarkan untuk dokumen ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika Serikat.
2. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika selama periode tahun 2008.
3. Untuk mengetahui kendala apa saja yang muncul dalam perkembangan volume ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil).
4. Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan
Perdagangan untuk meningkatkan perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil).
D. Manfaat Penelitian
Nilai dari suatu penelitian dapat dilihat dari manfaat yang dapat diberikan. Penulis mengharapkan agar dari penelitian ini dapat menghasilkan suatu informasi yang rinci dan lengkap serta terarah yang memberikan jawaban atas permasalahan yang dibahas. Adapun manfaat yang akan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Penulis
Melalui penelitian ini penulis berharap dapat mengetahui, mengerti dan memahami secara baik tentang optimalisasi ekspor TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) ke Amerika.
2. Bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan
Memberikan masukan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan optimalisasi ekspor TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) ke Amerika dan dapat digunakan sebagai salah satu bahan evaluasi bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
3. Bagi Mahasiswa dan Pembaca Lainnya
Merupakan tambahan referensi bacaan dan informasi khususnya bagi mahasiswa jurusan Bisnis Internasional yang sedang menyusun Tugas akhir dengan pokok permasalahan yang sama.
E. Metode Penelitian
Metode merupakan cara yang utama yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, untuk mencapai tingkat ketelitian, jumlah dan jenis yang dihadapi. Akan tetapi dengan mengadakan klasifikasi yang berdasarkan pada pengalaman, dapat ditentukan teratur dan terpikirkannya alur yang runtut dan baik untuk mencapai suatu maksud (Winarno Surakhmat, 1982:131). Penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan, engembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, gejala atau hipotesa, usaha mana dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah (Sutrisno Hadi, 1989:4).
Dengan demikian pengertian metode penelitian adalah cara yang teratur dan terpikir secara runtut dan baik dengan menggunakan metode ilmiah yang bertujuan untuk menemukan, mengembangkan maupun guna menguji kebenaran maupun ketidakbenaran dari suatu pengetahuan, gejala atau hipotesa yang mengemukakan secara tertulis tata kerja dari suatu penelitian. Metode ini terdiri dari :
1. Ruang Lingkup Penelitian
Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir adalah studi kasus karena mengambil salah satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada suatu masalah.
2. Jenis dan Alat Pengumpul Data
a. Jenis Data
1) Data Primer
Yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya. Data ini diperoleh dengan wawancara langsung peda bagian Perdagangan Luar Negeri (DAGLU), pimpinan, staf atau karyawan Dines Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta.
2) Data Sekunder
Merupakan data pendukung yang diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian. Data ini diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lain.
b. Metode Pengumpulan Data
1) Wawancara
Menurut Prof. DR. Robert K Yin (2000:108) ”salah satu sumber informasi studi kasus yang sangat penting adalah wawancara. Wawancara merupakan merupakan sumber informasi yang esensial bagi studi kasus”. Menurut Lincoln dan Guba yang dikutip Lexy J. Moloeng ( 1995:135) ”Percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara dan yang diwawancarai. Ada beberapa bentuk dalam wawancara yang dapat dipakai dalam pengumpulan data. Yang pertama open ended dimana peneliti dapat bertanya pada responden kunci tentang fakta suatu peristiwa.
Yang kedua adalah wawancara terfokus dimana responden diwawancarai dalam waktu yang pendek. Sedangkan tipe wawancara yang ketiga adalah pertanyaan-pertanyaan yang lebih terstruktur sejalan dengan survai. Dalm teknik wawancara ini penulis menggunakan teknik open ended dimana peneliti dapat bertanya secara luas tentang fakta dan peristiwa. Wawancara dilakukan dengan cara terbuka sehingga data yang diperoleh dapat memuaskan.
2) Studi Pustaka
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari buku atau referensi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
3) Observasi
Yang dimaksud observasi menurut Sutrino Hadi (1980:249) adalah ”pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala-gejala yang diselidiki dalam arti luas observasi dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung”. Penulis mengadakan pengamatan yaitu dengan cara pengamatan aktif, yaitu penulis melakukan magang kerja dan melihat secara langsung mengenai kegiatan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta. Penulis menggunakan metode observasi ini dikarenakan
metode observasi memiliki derajat yang cukup tinggi untuk merekam dan menyerap keterangan dalam suatu peristiwa atau kegiatan yang terjadi pada suatu saat tertentu atau semua informasi dari gejala yang diamati bisa diperoleh dalam waktu singkat.
c. Metode Analisis Data
Dalam sebuah penelitian teknik analisa data merupakan bagian yang sangat penting karena pada bagian ini merangkai data yang diperlukan secara sistematis dan komprehensi. Pada tahap ini data dikerjakan dan dimanfatkan sedemikian rupa sampai berhasil menyimpulkan kebenaran-kebenaran yang dapat dipakai untuk menjawab
permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Dalam mengolah dan menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan analisa deskriptif yaitu dengan cara menginterpretasikan (membaca, menyimak, dan membandingkan) tebel, grafik ataupun data yang kemudian melakukan uraian untuk menarik kesimpulan. Sehingga data yang terkumpul berhubungan satu dengan lainnya secara sistematis.

Tidak ada komentar: