ABSTRAK - ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET MILLENIUM DI NATAR LAMPUNG SELATAN

Bisnis ritel tidak hanya menjual produk atau barang tetapi juga pelayanan
kepada pelanggannya. Oleh karena itu kepuasan pelanggan menjadi kunci
sukses sebuah strategi pemasaran. Kepuasan pelanggan diharapkan
menghasilkan company loyality dan pembelian berulang (repeat purchase
atau product repurchase). Supermarket Millenium telah melaksanakan
strategi bauran pemasaran tetapi masalah yang dihadapi adalah belum
tercapinya target yang diinginkan oleh perusahaan. Permasalahan timbul
karena strategi bauran pemasaran yang dilaksanakan belum dapat memenuhi harapan sehingga pelanggan belum merasa puas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan tingkat kepentingan atas strategi bauran pemasaran yang dilaksanakan oleh supermarket Millenium. Hipotesis dari penelitian ini adalah penerapan bauran pemasaran oleh supermarket Millenium belum memenuhi tingkat kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner untuk mewawancarai responden. Sampel dipilih secara purposif terhadap pelanggan yang merupakan anggota MMC (Millennium Member Card) yang datang ke supermarket dari Senin sampai Minggu, sehinga diharapkan sampel ini dapat mewakili seluruh pelanggan supermarket Millenium. Data yang dihasilkan akan dianalisis dengan menggunakan diagram Kartesius.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran
oleh supermarket Millenium belum seluruhnya tetapi baru sebagian yang telah memenuhi kepuasan pelanggan. Strategi yang bekerja dengan baik dan memenuhi harapan sehingga pelanggan merasa puas adalah strategi harga,
sumber daya manusia dan proses pelayanan. Kinerja ketiga strategi ini harus
dipertahankan. Strategi yang sangat diharapkan tetapi kinerjanya belum baik
dan belum memuaskan pelanggan adalah strategi penampilan fisik sehingga
strategi ini menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Strategi yang kinerjanya
belum baik tetapi bukan merupakan hal yang diharapkan oleh pelanggan
adalah strategi promosi dan saluran distribusi sehingga kedua strategi ini tidak menjadi prioritas dalam pelaksanaan strategi pemasaran perusahaan.

Strategi yang sudah sangat baik dilakukan oleh supermarket Millenium bahkan cenderung berlebihan adalah strategi produk. Dengan demikian supermarket Millenium dapat lebih fokus pada strategi yang harus ditingkatkan, di pertahankan atau dievaluasi sehingga perusahaan dapat menjadi pemimpin pasar di wilayah Lampung Selatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPADATAN POPULASI DAN PERTUMBUHAN KERANG DARAH Anadara antiquata L. (Bivalvia: Arcidae) DI TELUK SUNGAI PISANG, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

GENERAL LEAST SQUARE

Faktor Faktor Penyebab Ketidak-Efektifan Penilaian Kinerja