CONTOH KUESIONER : SUMBER INFORMASI KONSUMEN JASA

SUMBER : Tjiptono, F., Chandra, Y., dan Diana, A., 2004, Marketing Scales, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.

Petunjuk
Anda diminta untuk mengungkapkan tindakan atau reaksi Anda sewaktu Anda sedang mempertimbangkan pembelian jasa..............(diisi sesuai dengan jenis jasa yang diteliti).

Skala Penilaian:
1 = Pasti akan melakukannya
2 = Biasanya akan melakukannya
3 = Cenderung akan melakukannya
4 = Bisa ya bisa pula tidak melakukannya
5 = Cenderung tidak akan melakukannya
6 = Biasanya tidak akan melakukannya
7 = Pasti tidak akan melakukannya

No. Pasti Akan Pasti Tidak Akan Pernyataan
1 1 2 3 4 5 6 7 Meminta demonstrasi produk atau jasa.
2 1 2 3 4 5 6 7 Mengingat kembali keterlibatan saya sebelumnya dengan tipe produk atau jasa tersebut
3 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat alternatif yang digunakan teman-teman saya
4 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari wiraniaga
5 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan majalah tentang produk sebelum melakukan pembelian
6 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat anggota keluarga atau kerabat dekat
7 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan radio untuk produk atau jasa bersangkutan
8 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati berbagai jenis sumber informasi konsumen tercetak untuk mendapatkan rating produk yang objektif, misalnya publikasi atas hasil survei produk, majalah Warta Konsumen, dll.
9 1 2 3 4 5 6 7 Mengandalkan pengalaman pribadi di masa lalu.
10 1 2 3 4 5 6 7 Mempertimbangkan apa yang diungkapkan oleh artikel majalah tentang produk bersangkutan.
11 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati iklan koran tentang produk sebelum melakukan pembelian
12 1 2 3 4 5 6 7 Langsung memilih produk atau jasa tanpa informasi tambahan atau pertimbangan prapembelian lebih lanjut.
13 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari teman atau seseorang yang saya kenal
14 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat-ingat kejadian relevan yang berkaitan dengan produk atau jasa bersangkutan
15 1 2 3 4 5 6 7 Meminta untuk mencoba sampel produk sebelum membeli
16 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan TV tentang produk sebelum melakukan pembelian
17 1 2 3 4 5 6 7 Membeli alternatif produk atau jasa pertama yang saya jumpai
18 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari pemilik atau manajer toko, kantor, atau gerai ritel
19 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha sebisa mungkin mengalami langsung produk atau jasa bersangkutan
20 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan deskripsi tertulis mengenai produk/jasa atau mempelajari analisis deskriptif rinci mengenai produk/jasa
21 1 2 3 4 5 6 7 Membaca informasi-informasi yang tersedia, seperti brosur, pamflet, point-of-purchase display, atau informasi lain yang disediakan penjual.
22 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari karyawan perusahaan yang menawarkan produk, seperti resepsionis, petugas pengantar produk, dan lain-lain
23 1 2 3 4 5 6 7 Siap melakukan pilihan pembelian dan tidak memusingkan langkah mengumpulkan informasi sebelum pembelian
24 1 2 3 4 5 6 7 Membaca laporan yang ditulis oleh pihak ketiga terkenal, seperti kritikus, pakar di bidangnya, atau spessialis produk
25 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan apa yang telah dikatakan oleh para konsumen sebelumnya mengenai produk atau jasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPADATAN POPULASI DAN PERTUMBUHAN KERANG DARAH Anadara antiquata L. (Bivalvia: Arcidae) DI TELUK SUNGAI PISANG, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

GENERAL LEAST SQUARE

Faktor Faktor Penyebab Ketidak-Efektifan Penilaian Kinerja