CONTOH KUESIONER : SUMBER INFORMASI KONSUMEN JASA
SUMBER : Tjiptono, F., Chandra, Y., dan Diana, A., 2004, Marketing Scales, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.
Petunjuk
Anda diminta untuk mengungkapkan tindakan atau reaksi Anda sewaktu Anda sedang mempertimbangkan pembelian jasa..............(diisi sesuai dengan jenis jasa yang diteliti).
Skala Penilaian:
1 = Pasti akan melakukannya
2 = Biasanya akan melakukannya
3 = Cenderung akan melakukannya
4 = Bisa ya bisa pula tidak melakukannya
5 = Cenderung tidak akan melakukannya
6 = Biasanya tidak akan melakukannya
7 = Pasti tidak akan melakukannya
No. Pasti Akan Pasti Tidak Akan Pernyataan
1 1 2 3 4 5 6 7 Meminta demonstrasi produk atau jasa.
2 1 2 3 4 5 6 7 Mengingat kembali keterlibatan saya sebelumnya dengan tipe produk atau jasa tersebut
3 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat alternatif yang digunakan teman-teman saya
4 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari wiraniaga
5 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan majalah tentang produk sebelum melakukan pembelian
6 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat anggota keluarga atau kerabat dekat
7 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan radio untuk produk atau jasa bersangkutan
8 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati berbagai jenis sumber informasi konsumen tercetak untuk mendapatkan rating produk yang objektif, misalnya publikasi atas hasil survei produk, majalah Warta Konsumen, dll.
9 1 2 3 4 5 6 7 Mengandalkan pengalaman pribadi di masa lalu.
10 1 2 3 4 5 6 7 Mempertimbangkan apa yang diungkapkan oleh artikel majalah tentang produk bersangkutan.
11 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati iklan koran tentang produk sebelum melakukan pembelian
12 1 2 3 4 5 6 7 Langsung memilih produk atau jasa tanpa informasi tambahan atau pertimbangan prapembelian lebih lanjut.
13 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari teman atau seseorang yang saya kenal
14 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat-ingat kejadian relevan yang berkaitan dengan produk atau jasa bersangkutan
15 1 2 3 4 5 6 7 Meminta untuk mencoba sampel produk sebelum membeli
16 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan TV tentang produk sebelum melakukan pembelian
17 1 2 3 4 5 6 7 Membeli alternatif produk atau jasa pertama yang saya jumpai
18 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari pemilik atau manajer toko, kantor, atau gerai ritel
19 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha sebisa mungkin mengalami langsung produk atau jasa bersangkutan
20 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan deskripsi tertulis mengenai produk/jasa atau mempelajari analisis deskriptif rinci mengenai produk/jasa
21 1 2 3 4 5 6 7 Membaca informasi-informasi yang tersedia, seperti brosur, pamflet, point-of-purchase display, atau informasi lain yang disediakan penjual.
22 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari karyawan perusahaan yang menawarkan produk, seperti resepsionis, petugas pengantar produk, dan lain-lain
23 1 2 3 4 5 6 7 Siap melakukan pilihan pembelian dan tidak memusingkan langkah mengumpulkan informasi sebelum pembelian
24 1 2 3 4 5 6 7 Membaca laporan yang ditulis oleh pihak ketiga terkenal, seperti kritikus, pakar di bidangnya, atau spessialis produk
25 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan apa yang telah dikatakan oleh para konsumen sebelumnya mengenai produk atau jasa.
Petunjuk
Anda diminta untuk mengungkapkan tindakan atau reaksi Anda sewaktu Anda sedang mempertimbangkan pembelian jasa..............(diisi sesuai dengan jenis jasa yang diteliti).
Skala Penilaian:
1 = Pasti akan melakukannya
2 = Biasanya akan melakukannya
3 = Cenderung akan melakukannya
4 = Bisa ya bisa pula tidak melakukannya
5 = Cenderung tidak akan melakukannya
6 = Biasanya tidak akan melakukannya
7 = Pasti tidak akan melakukannya
No. Pasti Akan Pasti Tidak Akan Pernyataan
1 1 2 3 4 5 6 7 Meminta demonstrasi produk atau jasa.
2 1 2 3 4 5 6 7 Mengingat kembali keterlibatan saya sebelumnya dengan tipe produk atau jasa tersebut
3 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat alternatif yang digunakan teman-teman saya
4 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari wiraniaga
5 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan majalah tentang produk sebelum melakukan pembelian
6 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat anggota keluarga atau kerabat dekat
7 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan radio untuk produk atau jasa bersangkutan
8 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati berbagai jenis sumber informasi konsumen tercetak untuk mendapatkan rating produk yang objektif, misalnya publikasi atas hasil survei produk, majalah Warta Konsumen, dll.
9 1 2 3 4 5 6 7 Mengandalkan pengalaman pribadi di masa lalu.
10 1 2 3 4 5 6 7 Mempertimbangkan apa yang diungkapkan oleh artikel majalah tentang produk bersangkutan.
11 1 2 3 4 5 6 7 Mengamati iklan koran tentang produk sebelum melakukan pembelian
12 1 2 3 4 5 6 7 Langsung memilih produk atau jasa tanpa informasi tambahan atau pertimbangan prapembelian lebih lanjut.
13 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari teman atau seseorang yang saya kenal
14 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha mengingat-ingat kejadian relevan yang berkaitan dengan produk atau jasa bersangkutan
15 1 2 3 4 5 6 7 Meminta untuk mencoba sampel produk sebelum membeli
16 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan iklan TV tentang produk sebelum melakukan pembelian
17 1 2 3 4 5 6 7 Membeli alternatif produk atau jasa pertama yang saya jumpai
18 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari pemilik atau manajer toko, kantor, atau gerai ritel
19 1 2 3 4 5 6 7 Berusaha sebisa mungkin mengalami langsung produk atau jasa bersangkutan
20 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan deskripsi tertulis mengenai produk/jasa atau mempelajari analisis deskriptif rinci mengenai produk/jasa
21 1 2 3 4 5 6 7 Membaca informasi-informasi yang tersedia, seperti brosur, pamflet, point-of-purchase display, atau informasi lain yang disediakan penjual.
22 1 2 3 4 5 6 7 Meminta pendapat dari karyawan perusahaan yang menawarkan produk, seperti resepsionis, petugas pengantar produk, dan lain-lain
23 1 2 3 4 5 6 7 Siap melakukan pilihan pembelian dan tidak memusingkan langkah mengumpulkan informasi sebelum pembelian
24 1 2 3 4 5 6 7 Membaca laporan yang ditulis oleh pihak ketiga terkenal, seperti kritikus, pakar di bidangnya, atau spessialis produk
25 1 2 3 4 5 6 7 Memperhatikan apa yang telah dikatakan oleh para konsumen sebelumnya mengenai produk atau jasa.
Komentar