photo KoleksiSkripsiHeader.gif HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

contoh

Proposal

Permohonan

Kredit Modal Kerja

Penerbit Dicky

200..

By:

Dicky


Dapat ditujukan kepada:

1. Bank dalam mendapat dukungan dana

2. Perusahaan untuk diproduksi masal

Bekasi, Januari 200..

Kepada Yth,

Bank

Cab.

Di

Jakarta

Up:

Perihal: Permohonan Pinjaman Kredit Usaha / Modal Kerja

Dengan Hormat,

Bersama surat ini kami beritahukan, bahwa saat ini kami telah menyelesaikan sebuah buku manajemen berjudul “Pedoman Lengkap Pendirian dan Pengembangan Usaha / Studi Kelayakan Bisnis”. Buku ini telah beredar ditoko buku Gramedia Seluruh Indonesia.

Dimana buku ini telah mendapat sambutan baik dari beberapa kalangan akademis, seperti: Universitas Indonesia (UI),Universitas Pancasila, Universitas Pelita Harapan (UPH), Yayasan Yarsi, Institut Bisnis Indonesia, Universitas Trisakti, Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan Politeknik Rosda Bandung.

Dari kalangan perguruan tinggi dan para profesional mengatakan buku ini sangat cocok digunakan diperguruan tinggi pada mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis, Seminar Teknik Usaha, dan Manajemen Perusahaan, serta dapat juga digunakan sebagai literatur / referensi para profesional / pengusaha karena buku ini sangat komprehensif dan dapat dikatakan “Buku Pintar”.

Keunggulan Buku Ini

Buku ini berbeda dengan buku lain, karena buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis dilapangan dan lebih dari 100 proyek studi kelayakan yang pernah dikerjakan baik proyek lokal maupun internasional. Sehingga susunan buku ini sangat sistem matis yang sangat sederhana dimana pembaca / pemrakasa akan lebih mudah mempelajarinya atau melaksanakan analisa investasi karena dilengkapi langkah-langkah analisa tersusun rapi (lihat Peta – Metoda Rangkaian Analisa Investasi (MRAI) pada halaman delapan)

Permintaan Pasar

Dari hasil pengamatan permintaan pasar atas buku yang sejenis dengan buku ini berkisar + 5.000 buku pertahun, dengan harga jual berkisar antara Rp 50.000,- sampai dengan
Rp 95.000,- perbuku tergantung ketebalan buku (jumlah halaman).

Aktual penjualan buku ini 3 bulan pertama rata-rata + 200 buku perbulan hanya di toko buku Gramedia. Bagian pemasaran Gramedia mengatakan untuk awal penjualan dengan volume sebesar ini sangat baik, jika buku ini sudah dikenal masyarakat, diperkirakan penjualan akan meningkat lagi.

Sedangkan untuk toko buku Gunung Agung, Utama, Kharisma, Tiga Serangkai, Mulia, Koperasi kampus-kampus, hotel-hotel, dan toko buku kecil lainnya belum dapat disuplai karena Kekurangan Modal Kerja.

Target penjualan buku ini setelah dapat menyuplai semua toko buku diatas diperkirakan 4500 buku hingga 5000 buku pertahun dengan harga jual Rp 66.000,- perbuku dengan diskon berkisar antara 25% - 50% tergantung volume penjualan.

Jika target penjualan buku ini tercapai sebesar 5000 buku pertahun, maka pendapatan minimal pertahun adalah:

Omset penjualan: 5000 x Rp 66.000 x 50% = Rp 165.000.000,-

Biaya produksi: 5000 x Rp 15.000,-/buku = Rp 75.000.000,-

Keuntungan kotor = Rp 90.000.000,-

Disamping itu kami juga merencanakan bekerja sama dengan CV Simbiosa Rekatama, di Bandung. Bentuk kerja sama ini adalah perusahaan saya mendistribusikan buku-buku terbitan Simbiosa di Jabotabek, begitu juga sebaliknya (tidak diperhitungkan dalam Proyeksi Keuangan).

Usaha Lain

Disamping itu kami telah mempunyai usaha lain, yaitu: sebuah usaha dalam bidang jasa konsultan dan beberapa usaha retail (tidak diperhitungkan dalam Proyeksi Keuangan

Sistem Pemasaran

Buku ini akan dijual dengan beberapa cara, yaitu:

Telah dijalankan:

1. Kerja sama dengan PT Gramedia Asri Media (Pengadaan/Distributor) yang memasarkan keseluruh Toko buku Gramedia di Indonesia.

Rencana Perluasan Pemasaran

2. Memasukan langsung pada toko-toko buku yang telah berlokasi disekitar Jabotabek misalnya: PT Gunung Agung, Utama, Kharisma (selain Toko Buku Gramedia)

3. Langsung ke perguruan tinggi melalui koperasi-koperasi kampus / dosen-dosen

4. Toko buku di Hotel-hotel

5. Penjualan langsung ke konsumen

Pinjaman Modal Kerja

Kebutuhan tambahan modal kerja untuk meningkatkan pangsa pasar buku ini, direncanakan berasal dari pinjaman bank sebesar:

Biaya produksi 5000 buku x Rp 15.000,-/buku Rp 75.000.000

Dana Kas (Dana sendiri) Rp 25.000.000

Kekurangan Modal Kerja Rp 50.000.000,-

Sedangkan pembayaran kredit / hutang akan dimulai dicicil pada bulan kedua (sebulan setelah pinjaman diterima), serta selanjutnya setiap 1 bulan sekali, selama 12 bulan. (lebih ditail dapat dilihat pada lampiran-02 proyeksi aliran dana)

Demikianlah surat permohonan kredit kami ini.

Besar harapan kami untuk mendapatkan pinjaman kredit dari Bank yang Bapak pimpin.

Terimakasih atas kerja samanya.

Hormat Kami,

(Dicky)

Direktur

Tugas Pembaca

Proposal ini baik di Microsoft Word atau Excel.

Coba Ganti Dengan Karya lain, Misalnya: Buku komik, Sarung HP, Sisir, dan lain-lain

Harga Jual: Rp 15.000/ unit dan total penjualan 10.000 unit/tahun

Harga pokok Rp 5.000/ unit

Tidak ada komentar: